Tuesday 5 April 2011

EFEK KNALPOT RACING PADA MOTOR

Efek yang ditimbulkan?
Efek yang paling MENONJOL bahan bakar semakin boros, ring piston cepat aus, selain itu piston bisa cepat tergores, atau bahkan maceT.

Yang harus diperhatikan!

1. jangan sembarangan membeli knalpot racing, yg tidak jelas spesifikasinya pilih ukuran dan konstruksi yg sesuai dengan karakter mesin.



2. lakukan start awal normal-normal saja, jika perputaran mesin sudah tinggi silahkan menggeber dan memainkan rpm karena pada kondisi ini sirkuasi oli sudah sempurna.

3. sesuaikan ukuran, misalnyadiameter out silinder disamakan dengan diameter leher ujung angsa, agar tidak terjadi pemampatan gas buang yg berlebihan, karena jika diameter ujung leher angsa lebih kecil, bisa memicu peningkatan suhu mesin berlebihan.



4. lakukan penyetelan ulang karburator [untuk yg ber injeksi) setelah penggantian knalpot, dengan kondisi ini jangan setting bahan bakar pada settingan kering , lebih baiknya pada settingan basah untuk menghindari suhu panas mesin meningkat secara berlebihan.

5.Perhatikan kondisi dan warna busi. jika busi berwarna putih bersih, berarti setelan terlalu kering, atau sebaliknya busi berwarna hitam, setelan terlalu basah…., yang paling pas adalah warna busi kecoklatan/ merah bata.

6.ganti oli secara teratur, lakukan penggantian oli lebihawal dari waktu sebelum mengganti knalpot, karena suhu mesin yg meningkat ,untuk menghindari menurunnya kualitas pelumasan karena pemakaian mesin pada kondisi panas yg terlalu lama.
semoga bermanfaat buat temen2