Thursday, 27 October 2011

TIPS MEMASANG LAMPU DI VELG/JARI2 MOTOR

Pasti agan2 tercinta memiliki rasa penasaran dan keheranan tentang lampu yang mennyala di roda tanpa kabel yang begitu melilit semrawut bukan?
ne aku dapatkan tips ketika aku nonton dari siaran TV Edukasi tentang pelajaran otomotif SMK. dan ane pratekan,hasilnya sukses.tipsnya adalah sbb
Berikut perkakas yang digunakan untuk membuatnya :
1. Kaleng bekas minuman soda (sprite, fanta)
2. Isolasi
3. Kabel(kalau bisa pakai kabel warna merah-hitam
4. saklar
5. Lampu 12v DC atau lampu LED lebih awet dan irit.
6. Gunting
Karena arus (-) menyatu keseluruhan kerangka termasuk tromol (1 set roda) jadi hanya membutuhkan atau ngakalin kabel positif/merah (+) saja. Kabel merah (+) sambungkan langsung dari (+) Aki, untuk lebih enaknya pasang saklar. Kabel keluaran saklar selanjutnya ke tromol. Biar kelihatan praktis dan enak di pandang  urutkan kabel pada penutup rantai. Nah di tromol sebelah kiri untuk pangkuan gir belakang, balut  dengan isolasi (balut ful), ini sebagai pembatas antara seng bekas minuman kaleng dengan bantalan gir tromol supaya tidak konsleting ketika setelah kabel (+) dialiri arus.lalu diatasnya isolasi tempel seng yang sudah digunting . Tempelkan seng melingkar 1 putaran diatas isolasi , Seng yang sudah lengket dengan isolasi dan tromol   dilubangi kecil untuk menyambung kabel (+) yang nantinya untuk positif lampu yang sudah terpasang di jari-jari roda. Negatif (-) lampu sambungkan kejari-jari.
.
Tutup rantai berbahan plastik pada ujung belakang bagian atas lurus/urut dengan tromol yang ditempelin seng tersebut, lubangi untuk pemasangan mur baut yang panjangnya sekira 10cm'an. Arahkan baut tepat diatas seng tromol dengan jarak sekira 1cm'an. Kabel (+) output saklar tarik panjang sampai melebihi baut tersebut dan ikatlah. Buka bungkus kabel lebihan ini sehingga keluar isi serabutnya. Karena kabel serabut ini yang akan terhubung dengan seng di tromol.
Arus positif mengalir dari output saklar ON diteruskan ke tromol beralaskan seng yang terhubung atau kontak langsung melalui ujung kabel serabut pada mur baut di tutup rantai.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment