Saturday 25 January 2014

BELAJAR MICROSOFT EXCEL BAGI PEMULA

Assalamu'alaikum teman-teman,sesuai janji saya kemarin setelah saya posting mengenal dan cara membuka powerpoint , NAH sekarang saya akan posting tentang belajar mengguinakan ms office Excel 2007 . untuk membukanya  yaitu klik start--->All Progam---->Microsoft Office--->MIcrosoft Office Excel 2007. untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


 Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet(Lembar Kerja Elektronik. Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.
Hal- hal yang harus kita pelajari dari Microsoft Excel adalah dasar-dasarnya terlebih dahulu. Dan hal yang pertama adalah mengenal rumus-rumus yang digunakan di microsoft excel 2007. Berikut ini adalah rumus sederhana tentang cara menggunakan fungsi penambahan, pengurangan, kali dan bagi. Cara ini juga bisa digunakan di microsoft office Excel 2003. Untuk lebih jelasnya. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel

  • Buka Microsoft Excel. Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Excel. 
  • Ikuti langkah-langkah dibawah ini. Biar lebih mudah disamakan saja.
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel
  • Pertama kita buat Rumus Tambah. klik kotak 6B dan tulis rumus =SUM(3B+4B) di Fx lalu Enter
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel
  • Rumus =SUM(3B+4B) itu maksudnya Colom No 3 Row B ditambah Dengan Colom No 4 Row B. 6B itu Kotak Hasil 1+ 5 = 6 . Hasil bisa kita tempatkan dikotak mana saja, asal kotaknya masih kosong belum ada rumusnya.
  • Untuk Rumus kurang, klik Kotak 6C. 
  1. Masukan Rumus Kurang di Fx=SUM(3C-4C)
  2. Rumus Bagi di Kotak 6D =SUM(3D/4D)
  3. Rumus Kali di Kotak 6E =SUM(3E*4E)
  • Maka Hasil keseluruhan akan seperti gambar dibawah ini.
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel

  • Jika pada saat Enter Rumus ada Tulisan Seperi dibawah ini. Klik ok, tulisan itu keluar karena rumus yang digunakan adalah rumus manual yang berbeda dengan rumus asal dari excel tapi fungsinya sama untuk +X-:
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel