Friday 25 February 2011

TIPS RANTAI MOTOR BIAR AWET

Rantai sepeda motor mempunyai peranan penting,fungsinya untuk  menarik atau sebagai alat penggerak pada roda belakang. kencang kendurnya rantai sangat berpengaruh. Jika rantai mengendor yang terjadi adalah lepasnya rantai dari Gear, yang berakibat terjepittnya rantai oleh celah gear dan sasis supit udang , sehingga mengakibatkan rantai bengkok dan rusak. Jika rantai terlalu kencang yang terjadi adalah putus. kedua hal di atas sangat membahayakan , misalnya klu dalam perjalanan kita mengalami hal tsb , maka kendaraan yang ada di belakang kita akan menabarak motor kita, untuk menghindari hal tsb , saya ada sedikit tips buat pengguna sepeda motor.
1.bila kendor setel rantai seperlunya
2.bila kencang setel atau beri pelumas atau gemuk yang banyak
*tips merwat rantai biar awet
1.bila musim kemarau
biasanya kalau musim kemarau debu2 sering menempel pada bagian2 motor terutama pada benda yang berhubungan dengan oli, misalnya rantai.Kalau rantai banyak tempelanya debu maka yang terjadi adalah rantai cepat aus karena terjadinyagesekan antara rantai ,gear dan debu/pasir halus, hal yang harus di lakukan minimal seminggu sekali anda harus membersihkan rantai dengan menggunakan sikat gigi (bekas pakai), solar/bensin/minyak tanah. caranya celupkan sikat gigi kedalam minyak tsb dan sapu2kan pada rantai.
2.bila musim peghujan
biasanya klu musim penghujan rantai menjadi berkarat  karena terkena air hujan,lumpur dll. hal yang di lakukan sapu rantai dengan menggunakan sikat gigi yang di masukan kedalam campuran solar dan oli.


semoga tis dari saya dapat berguna untuk pengendara kenaraan roda dua.


*menyetel klip pada motor 4-tak
*pengapian pada motor honda
*pengapian pada motor yamaha
*pengapian pada motor suzuki
*pegapian pada motor kawasaki
*sistem pembakaran pada motor 2-tak
*sistem pembakaran pada motor 4-tak
*karburator
*nama sperpart dan fungsinya
*mebuat tarikan motor menjadi enteng