Tuesday 7 September 2010

PENGERTIAN DAN PENYEBAB MASUK ANGIN

Beberapa hari kemarin,ketika sayang sedang bekerja tiba-tiba kepala saya terasa pusing dan perut terasa mual, dan rasanya ingin muntah tapi sulit, setelah saya pikir-pikir, teringat, bahwa perut saya dalam keadaan tidak berisi dan waktu berangkat kerja saya menggunakan sepeda motor dengan kecepatan tinggi,dan tidak memakai jaket. Setelah itu,saya simpulkan bahwa saya masuk angin. Mengetahui hal itu,tindakan yang saya lakukan adalah mengolesi minyak angin pusar,bagian dada,leher,tengkuk,dan telapak tangan, alhamdullilah yang terjadi bersendawa secara terus menerus.

PENGERTIAN MASUK ANGIN
Masuknya Angin melalui pusar yang kemudian merambat melalui syaraf-syaraf lambung,yang seterusnya merambat ke syaraf-syarat tertentu, atau proses menciutnya pembuluh darah dan melemahnya daya tahan tubuh karena keadaan suhu yang terlalu dingin.

ANGIN DUDUK

Biasa penyakit ini menyerang pada penderita sakit maag, disebabkan karena tingginya asam lambung dan membuat gas yang bersifat menekan syaraf yang berdekatan dengan paru-paru dan jantung. Biasanya hal ini sering menimbulkan kematian, tanda-tandanya dada terasa sesak. Kalau mengalami hal semacam ini, lakukan tindakan membaringkan badan ,tarik nafas,segera minum air hangat.

MASUK ANGIN DENGAN KEPALA TERASA
PUSING
Penyebabnya adalah penekan asam lambung ke syaraf otak, dan apabila menyerang ke syaraf pusat yang terjadi adlah stroke. Tanda-tandanya kepala pusing secara tiba-tiba di sertai rasa menguap pada mulut,perut terasa mual, hal yang harus di lakukan pijat daerah antara ibu jari dengan jari telunjuk, pijat bagian tengkuk dan pundak, olesi minyak angin pada bagian pusar, minum aiq hangat ,misalnya wedang jahe atau teh hangat.

TIPS TERHINDAR DARI MASUK ANGIN
-Atur Pola makan
-Selalu menjaga pusar, dengan cara menempelkan koyo atau mengolesi minyak angin
-Bila berpergian dengan kendaraan ,minumlah dulu air hangat dan pergunakan jaket.
-Hindari mandi pada malam hari
-Dan jangan mengembun pada malam hari