Wednesday 12 October 2011

CARA MEMBUAT AWET BAN MOTOR

Ban adalah komponen yang sangat berpengaruh penting dalam sepeda motor, jadi tentunya mau kagak mau kite-kite ini harus kudu wajib merawatnya, disamping untuk hemat Rupiah, juga untuk kenyamanan agan dalam menunggangi motor kesayangan agan.Ne ane punya langkah-langkahnya untuk merawatnya


Periksa Tekanan Ban

Sebelum agan2 mau berpergian,periksa dulu tekanan ban,setel tekanan sesuai dengan beban, jika threadnya dah tipis kencangkan tekanan ,soalnya ban yang kayak beginian mudah sekali tertusuk benda tajam.

PERIKSA PENTIL/ DOP

kencangkan jarum pentil bila longgar,kalau kendur hal macam ini mengakibatkan udara keluar. sebaiknya selalu tutup pentil dengan penutupnya.,bila dibiarkan ,maka debu atau kotoran akan masuk kelubang pentil yang berakibat pentil berkarat dan susah di pompa.

PERPUTARAN BAN

Check perputaran ban, apakah center atau meliak-liuk, untuk perptaran ban yang meliak-liuk,barakibat permukaan samping/ dinding ban cepat aus,hal yang harus dilakukan adalah menyetelnya.

FAKTOR MEDAN
bagi agan jangan sembarangan memakai ban, untuk daerah bermedan lumpur,pasir sebaiknya gunakan tipe ban cross/cangkul karena ban ini dapat mengurangi tingkat kelicinan atau dalam bahasa IPA-Nya memperbesar gaya gesek, dan ban ini jangan agan gunakan untuk area aspal/perkotaan ,karena berakibat usia ban kagak bertahan lama.
Untuk lainya, agan2 bisa menambahkanya sendiri.

Mudah2an tips dari ane dapat berguna wat agan2 semua